RPP IPA kelas 4 SD – Sobat Waroeng
Pendidik, kedudukan Rpp dalam pembelajaran sangat lah penting. Sebelum
melakukan KBM, guru wajib membuat RPP yang terkait perencanaan kegiatan KBM
yang akan dilakukannya. Kali ini kami akan mengulas dan membagikan artikel kami
mengenai RPP IPA kelas 4 SD.
Pembelajaran IPA afdolnya
dilakukan dengan project sain (praktek) yang bertujuan menuntut peserta
didik mandiri dan mampu menemukan keilmuan lainnya yang belum ada dibuku.
Tetapi ada juga kritik dari pihak lain bahwa praktek langsung seperti membedah
makhluk hidup dalam pembelajaran hanya mengajarkan siswa untuk tidak menghargai
kehidupan yang telah diberikan Allah SWT kepada setiap makhluknya. Oleh karena
itu, saya membuat RPP tentang AKAR dengan media audio visual
berupa video.
Baca juga : RPP KELAS III SD
Media audio visual yang saya
terapkan berpedoman pada pendekatan saintifik, dimana siswa dirangsang
supaya mampu mempraktekan 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data,
mengasosiasi data, dan mempresentasikan hasil diskusi. Pada saat pengamatan
video, siswa diharuskan mengamati dan menuliskan temuan materi pada video
tersebut. Untuk mereview siswa yang lamban dalam pengamatan, guru mengulang
penayangan video dengan teknik play and pause pada video, sehingga memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk menulis. Untuk menyamakan persepsi,
setelah proses pengamatan selesai, guru meminta perwakilan siswa untuk
membacakan hasil pengamatannya, kemudian siswa lain diberi kesempatan untuk
bertanya kepada guru mengenai materi yang ada pada video tersebut. Setelah
terjalin persamaan makna, maka guru memberikan bahan diskusi pada dan hasil
diskusi tersebut dipresentasikan sesuai hasil diskusinya yang dikaitkan dengan
hasil pengamatan video yang telah mereka lihat.
Selain itu, saya juga melengkapi
RPP dengan Rangkuman Bahan ajar tentang akar dan Lembar Evaluasi tentang akar.
Lembar evaluasi yang dibuat telah disesuikan dengan indikator dan tujuan
pembelajaran dari RPP, sehingga antara RPP dan lembar evaluasi merupakan satu
kesatuan bahan ajar yang saling terkait. Hal ini sesuai dengan pedoman
penyusunan rpp. Anda dapat meramu kembali RPP ini berdasarkan seni mengajar
anda sehari-hari sehingga menjadi RPP yang lebih sempurna. Karena menurut saya,
mengajar itu adalah seni. Jadi setiap orang memiliki seni masing-masing untuk
mengajar. Tetapi seni jangan hanya sekedar seni, tetap harus berpedoman pada
aturan yang ada.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama sekolah : SDN Isola 2
Mata pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/semester : IV / 1
Alokasi waktu : 3 × 35 Menit
A. Standar Kompetensi
2. memahami hubungan antara struktur
bagian tumbuhan dengan fungsinya
B. Kompetensi Dasar
2.2
Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
C. Indikator
2.2.1
Mengidentifikasi struktur akar
2.2.2
Menjelaskan fungsi akar bagi tumbuhan
2.2.3
Menunjukan 2 jenis akar
2.2.4
Menunjukan 3 contoh tumbuhan berakar
serabut
2.2.5
Menunjukan 3 contoh tumbuhan berakar
tunggang
D. Tujuan Pembelajaran
·
Melalui
pengamatan video, siswa dapat mengidentifikasi 3 struktur akar
·
Melalui
pengamatan video, siswa dapat mengjelaskan fungsi akar bagi tumbuhan
·
Melalui
pengamatan gambar, siswa dapat menunjukan 2 jenis akar tumbuhan
·
Melalui
pengamatan gambar, siswa dapat menunjukan 3 contoh tumbuhan
berakar serabut
·
Melalui
pengamatan gambar, siswa dapat menunjukan 3 contoh tumbuhan
berakar tunggang
E. Materi
Pokok
·
Struktur
batang tumbuhan
1. Inti akar
2. Rambut akar
3. Tudung akar
·
Fungsi
batang bagi tumbuhan
1. Menyerap air dari dalam tanah
2. Menunjang berdirinya tumbuhan
3. Sebagai penyimpan. Penyimpanan makanan
cadangan
4. Sebagai alat pernapasan
·
Jenis-jenis
batang
1. Akar serabut
2. Akar tunggang
·
Contoh
akar serabut
1.
akar
pohon padi
2.
akar
pohon janggung
3.
akar
pohon kelapa
4.
akar
rumput
·
Contoh
akar tunggang
1.
akar
pohon mangga
2.
akar
pohon jeruk
3. akar pohon melinjo
A. Pendekatan, Metode, Media dan Sumber Belajar
Pendekatan :
Saintifik
Metode :
Diskusi, Tanya Jawab
Media :
gambar, video, akar serabut, akar tunggang
Sumber Belajar : buku SD kelas IV, buku pake BSE
(karya : Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani)
Sains untuk SD/MI KTSP
2006 (karya : Haryanto)
A. Penilaian
· Prosedur Penilaian : akhir
· Jenis Penilaian : Tes
· Bentuk Penilaian : Uraian
· Alat Penilaian : lembar Soal.
Format penilaian
Nama Peserta Didik
|
skor
|
nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian
No.
|
No.
Soal
|
jawaban
|
Keterangan
|
Bobot
skor
|
1.
|
No.
1
|
1.
inti
akar
2.
rambut
akar
3.
tudung
akar
|
Setiap
poin jawaban skornya 10
|
30
|
2.
|
No.
2
|
a. menyerap air dari dalam tanah
b. menunjang berdirinya tumbuhan
c. Tempat penyimpanan cadangan makanan
d.Sebagai alat pernapasan
|
Tiap
poin jawaban, sekornya 5
|
20
|
3.
|
No.
3
|
1.
Akar
serabut
2.
Akar
tunggang
|
Tiap
poin jawaban, sekornya 5
|
10
|
4.
|
No.
4
|
Pohon kelapa, pohon jagung, pohon padi
|
Tiap
poin jawaban, sekornya 5
|
15
|
5.
|
No.
5
|
Pohon mangga, pohon jeruk, pohon melinjo
|
Tiap
poin jawaban, sekornya 5
|
15
|
BAHAN
AJAR
Struktur akar tumbuhan
·
Inti akar
Terdiri
atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Pembuluh kayu (xilem) berfungsi untuk
mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh tapis (floem) berfungsi mengangkut
hasil fotosintesis (zat-zat makanan) dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
·
Rambut akar.
Rambut
akar terletak di dinding luar akar. Berfungsi mencari jalan di antara butiran
tanah
·
Rudung akar
Terletang di ujung akar. Fungsinya melindungi akar
saat menembus tanah.
Jenis-jenis akar tumbuhan
1. Akar serabut. Berbentuk serperti serabut. Ukuran akar
serabut relatif kecil, tumbuh di pangkal batang dan besarnya hampir sama. Akar
seperti ini biasanya dimiliki oleh tumbuhan monokotil (biji berkeping tunggal)
Contohnya : akar
pohon padi, akar pohon jagung, akar rumput
2. Akar tunggang. Akar yang terdiri atas satu akar besar
yang merupakan kelanjutan batang, sedangkan akar lainnya merupakan cabang dair
akar utama. Biasanya dimiliki oleh tumbuhan dikotil (biji berkeping dua)
Contohnya : akar
pohon mangga, akar pohon jeruk, dan akar pohon melinjo
Fungsi batang bagi tumbuhan
a. Menyerap air dari dalam tanah
b. Menunjang berdirinya tumbuhan
c. Sebagai penyimpan cadangan makanan
d. Sebagai alat pernapasan
0 komentar:
Post a Comment