Friday 20 May 2016

RPP IPA KELAS 4 SD, MATERI AKAR

RPP IPA kelas 4 SD – Sobat Waroeng Pendidik, kedudukan Rpp dalam pembelajaran sangat lah penting. Sebelum melakukan KBM, guru wajib membuat RPP yang terkait perencanaan kegiatan KBM yang akan dilakukannya. Kali ini kami akan mengulas dan membagikan artikel kami mengenai RPP IPA kelas 4 SD.

Pembelajaran IPA afdolnya dilakukan dengan project sain (praktek) yang bertujuan menuntut peserta didik mandiri dan mampu menemukan keilmuan lainnya yang belum ada dibuku. Tetapi ada juga kritik dari pihak lain bahwa praktek langsung seperti membedah makhluk hidup dalam pembelajaran hanya mengajarkan siswa untuk tidak menghargai kehidupan yang telah diberikan Allah SWT kepada setiap makhluknya. Oleh karena itu, saya membuat RPP tentang AKAR dengan media audio visual berupa video.


Baca juga : RPP KELAS III SD

Media audio visual yang saya terapkan berpedoman pada pendekatan saintifik, dimana siswa dirangsang supaya mampu mempraktekan 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi data, dan mempresentasikan hasil diskusi. Pada saat pengamatan video, siswa diharuskan mengamati dan menuliskan temuan materi pada video tersebut. Untuk mereview siswa yang lamban dalam pengamatan, guru mengulang penayangan video dengan teknik play and pause pada video, sehingga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menulis. Untuk menyamakan persepsi, setelah proses pengamatan selesai, guru meminta perwakilan siswa untuk membacakan hasil pengamatannya, kemudian siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang ada pada video tersebut. Setelah terjalin persamaan makna, maka guru memberikan bahan diskusi pada dan hasil diskusi tersebut dipresentasikan sesuai hasil diskusinya yang dikaitkan dengan hasil pengamatan video yang telah mereka lihat.


Selain itu, saya juga melengkapi RPP dengan Rangkuman Bahan ajar tentang akar dan Lembar Evaluasi tentang akar. Lembar evaluasi yang dibuat telah disesuikan dengan indikator dan tujuan pembelajaran dari RPP, sehingga antara RPP dan lembar evaluasi merupakan satu kesatuan bahan ajar yang saling terkait. Hal ini sesuai dengan pedoman penyusunan rpp. Anda dapat meramu kembali RPP ini berdasarkan seni mengajar anda sehari-hari sehingga menjadi RPP yang lebih sempurna. Karena menurut saya, mengajar itu adalah seni. Jadi setiap orang memiliki seni masing-masing untuk mengajar. Tetapi seni jangan hanya sekedar seni, tetap harus berpedoman pada aturan yang ada.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama sekolah            : SDN Isola 2 
Mata pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester           : IV / 1
Alokasi waktu            : 3 × 35 Menit

A.  Standar Kompetensi
2. memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

B.   Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

C.  Indikator
2.2.1        Mengidentifikasi struktur akar
2.2.2        Menjelaskan fungsi akar bagi tumbuhan
2.2.3        Menunjukan 2 jenis akar
2.2.4        Menunjukan 3 contoh tumbuhan berakar serabut
2.2.5        Menunjukan 3 contoh tumbuhan berakar tunggang

D.  Tujuan Pembelajaran
·         Melalui pengamatan video, siswa dapat mengidentifikasi 3 struktur akar
·         Melalui pengamatan video, siswa dapat mengjelaskan fungsi akar bagi tumbuhan
·         Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukan 2 jenis akar tumbuhan
·         Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukan 3 contoh tumbuhan berakar serabut
·         Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukan 3 contoh tumbuhan berakar tunggang

E.  Materi Pokok
·         Struktur batang tumbuhan
1.      Inti akar
2.      Rambut akar
3.      Tudung akar
·         Fungsi batang bagi tumbuhan
1.      Menyerap air dari dalam tanah
2.      Menunjang berdirinya tumbuhan
3.      Sebagai penyimpan. Penyimpanan makanan cadangan
4.      Sebagai alat pernapasan
·         Jenis-jenis batang
1.      Akar serabut
2.      Akar tunggang
·         Contoh akar serabut
1.         akar pohon padi
2.         akar pohon janggung
3.         akar pohon kelapa
4.         akar rumput
·         Contoh akar tunggang
1.         akar pohon mangga
2.         akar pohon jeruk
            3. akar pohon melinjo

A.  Pendekatan, Metode, Media dan Sumber Belajar
Pendekatan             : Saintifik
Metode                   : Diskusi, Tanya Jawab
Media                     : gambar, video, akar serabut, akar tunggang
Sumber Belajar   : buku SD kelas IV, buku pake BSE (karya : Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani)
Sains untuk SD/MI KTSP 2006 (karya : Haryanto)


A.  Penilaian
·      Prosedur Penilaian         : akhir
·      Jenis Penilaian               : Tes
·      Bentuk Penilaian           : Uraian
·      Alat Penilaian                : lembar Soal.
  
Format penilaian
Nama Peserta Didik
skor
nilai










Kriteria penilaian
No.
No. Soal
jawaban
Keterangan
Bobot skor
1.
No. 1
1.      inti akar
2.      rambut akar
3.      tudung akar
Setiap poin jawaban skornya 10
30
2.
No. 2
a. menyerap air dari dalam tanah
b. menunjang berdirinya tumbuhan
c. Tempat penyimpanan cadangan makanan
d.Sebagai alat pernapasan
Tiap poin jawaban, sekornya 5
20
3.
No. 3
1.      Akar serabut
2.      Akar tunggang
Tiap poin jawaban, sekornya 5
10
4.
No. 4
Pohon kelapa, pohon jagung, pohon padi
Tiap poin jawaban, sekornya 5
15
5.
No. 5
Pohon mangga, pohon jeruk, pohon melinjo
Tiap poin jawaban, sekornya 5
15

BAHAN AJAR
Struktur akar tumbuhan
·         Inti akar
Terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Pembuluh kayu (xilem) berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh tapis (floem) berfungsi mengangkut hasil fotosintesis (zat-zat makanan) dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
·         Rambut akar.
Rambut akar terletak di dinding luar akar. Berfungsi mencari jalan di antara butiran tanah
·         Rudung akar
Terletang di ujung akar. Fungsinya melindungi akar saat menembus tanah.
Jenis-jenis akar tumbuhan
1.      Akar serabut. Berbentuk serperti serabut. Ukuran akar serabut relatif kecil, tumbuh di pangkal batang dan besarnya hampir sama. Akar seperti ini biasanya dimiliki oleh tumbuhan monokotil (biji berkeping tunggal)
Contohnya : akar pohon padi, akar pohon jagung, akar rumput
2.      Akar tunggang. Akar yang terdiri atas satu akar besar yang merupakan kelanjutan batang, sedangkan akar lainnya merupakan cabang dair akar utama. Biasanya dimiliki oleh tumbuhan dikotil (biji berkeping dua)
Contohnya : akar pohon mangga, akar pohon jeruk, dan akar pohon melinjo

Fungsi batang bagi tumbuhan
      a.       Menyerap air dari dalam tanah
      b.      Menunjang berdirinya tumbuhan
      c.       Sebagai penyimpan cadangan makanan
      d.      Sebagai alat pernapasan


0 komentar:

Post a Comment