Tema Hasil Bumi - Pembelajaran di kelas III SD masih berupa tematik, yaitu memadukan lebih dari 1 mata pelajaran dalam pembelajarannya. Utuk itu, sebagai permintaan salah seorang dari akun pribadi saya, Waroeng pendidik akan membagikan contoh RPP kelas III tema Hasil Bumi. Semoga RPP ini menjadi reverensi yang baik untuk anda dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Rpp tematik ini memadukan 2 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika.
Untuk lebih jelasnya mari kita cermati RPP di bawah ini dengan seksama.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama sekolah : -
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia, Matematika
Kelas/semester : III / 1
Tema : Hasil Bumi
Sub
Tema :
Pemanfaatan hasil bumi
A. Standar Kompetensi
Bahasa
Indonesia
1. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan
memberikan
tanggapan/saran
Matematika
2. Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
B. Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau
melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
Matematika
1.2. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
tiga angka
C. Indikator
Bahasa
Indonesia
·
Mendeskripsikan urutan
cara membuat ramuan obat herbal secara runtut dengan bahasa yang mudah dipahami
Matematika
·
Melakukan
operasi hitung pengurangan dua bilangan tiga angka tanpa teknik memberi
·
Melakukan
operasi hitung pengurangan dua bilangan tiga angka dengan teknik memberi
D. Tujuan Pembelajaran
Bahasa
Indonesia
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan urutan cara membuat ramuan obat herbal secara runtut dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami
Matematika
- Melalui penjelasan guru siswa dapat melakukan operasi pengurangan dua bilangan tiga angka tanpa teknik memberi dengan benar
- Melalui penjelasan guru siswa dapat melakukan operasi pengurangan dua bilangan tiga angka menggunakan teknik memberi dengan benar
LIHAT JUGA INFORMASI
A. Materi
Pokok
Bahasa
Indonesia
- Mendeskripsikan cara membuat sesuatu
Matematika
- Pengurangan Tanpa Teknik Memberi
- Pengurangan Dengan Teknik Memberi
B. Pendekatan, Metode, Media dan Sumber Belajar
Pendekatan : Tematik
Metode : Diskusi,
Tanya Jawab, Matematika Realistik
Media : gambar,kartu
bilangan
Sumber Belajar : buku tematik sd kelas III, buku pake bse (matematika dan
Bahasa indonesia
C. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan pendahuluan
·
Mengkondisikan peserta didik supaya duduk dengan rapi
·
Mengajak peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran
·
Mengabsen peserta didik
·
Melakukan kegiatan apersepsi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
·
Guru membacakan teks cerita yang bertema hasil bumi
·
Siswa menyimak cerita yang dibacakan guru
·
Siswa dan guru bertanya jawab mengenai cerita yang dibacakan
·
Siswa dibagi ke dalam 5 kelompok
·
Siswa berdiskusi mengenai cara membuat ramuan obat sakit
kepala
·
Siswa melaporkan hasil diskusinya mengenai cara membuat
ramuan obat sakit kepala
·
Siswa melaksanakan tugas guru untuk membuat urutan cara
membuat makanan yang merupakan olahan hasil bumi
·
Perwakilan siswa membacakan hasilnya di depan kelas
·
Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru
·
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai konsep pengurangan
melalui pengamatan gambar gambar
·
Guru nanamkan konsep pengurangan melalui permainan papper
throwing
·
Siswa diberi tugas untuk melakukan operasi hitung
pengurangan dua bilangan tiga angka
·
Guru bersama siswa membahas tugas pengurangan 2 bilangan
tiga angka
c.
Kegiatan Penutup
·
Peserta didik diberi soal evaluasi
·
Peserta didik diberi tindak lanjut berupa PR
Menutup pelajaran
A. Evaluasi
1.
Hasil
Prosedur :
tes proses dan tes akhir
Jenis Tes :
tertulis dan lisan
Bentuk Tes :
isian
Instrumen :
terlampir
2.
Penilaian
Kriteria
pengamatan proses belajar
No
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Fokus
Kerja
|
Tidak
melakukan kegiatan di luar tugas
|
Sedikit
melakukan kegiatan di luar tugas
|
Banyak
melakukan kegiatan di luar tugas
|
2
|
Tanya
Jawab
|
Berpartisipasi
baik
|
Berpartisipasi
cukup baik
|
Tidak
berpartisifasi
|
3
|
Kerja sama
|
Ikut serta membantu kelompoknya dalam mengerjakan
tugas
|
Kadang-kadang membantu kelompoknya dalam mengerjakan
tugas
|
Sama sekali tidak berkontribusi membantu kelompoknya
dalam mengerjakan tugas
|
4.
|
Hasil
Kerja
|
Semua
kegiatan dikerjakan dengan baik
|
Sebagian
besar kegiatan dikerjakan dengan baik
|
Sebagian
kecil kegiatan dikerjakan dengan baik
|
Penilaian mendeskripsikan cara membuat ramuan obat sakit
kepala
No.
|
Nama Peserta Didik
|
||
Kesesuaian Pada Cerita
|
Keruntutan kalimat
|
||
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
Kriteria penilaian
No.
|
Aspek
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Kesesuaian isi
|
Penjelasan runtut dari awal sampai akhir
|
Ada bagian isi yang tidak tertulis
|
Isi kurang sesuai
|
2
|
Penggunaan bahasa
|
Mudah dipahami
|
Sebagian besar mudah dipahami
|
Bahasa kurang dapat dipahami
|
Penskoran : Nilai
siswa =
Skor ideal = 6
Penilaian matematika
Nama Peserta Didik
|
skor
|
nilai
|
Kriteria penilaian
No. Soal
|
Penilaian
|
||
3
|
2
|
1
|
|
1
|
Proses pengerjaan dan
isinya benar
|
Salah satu yang benar
|
mengerjakan tetapi
proses dan isinya kurang sesuai
|
2
|
Proses pengerjaan dan
isinya benar
|
Salah satu yang benar
|
mengerjakan tetapi
proses dan isinya kurang sesuai
|
3
|
Proses pengerjaan dan
isinya benar
|
Salah satu yang benar
|
mengerjakan tetapi
proses dan isinya kurang sesuai
|
4
|
Proses pengerjaan dan
isinya benar
|
Salah satu yang benar
|
mengerjakan tetapi
proses dan isinya kurang sesuai
|
5
|
Proses pengerjaan dan
isinya benar
|
Salah satu yang benar
|
mengerjakan tetapi
proses dan isinya kurang sesuai
|
0 komentar:
Post a Comment