Wednesday 18 May 2016

RPP Kelas III SD

Tema Hasil Bumi - Pembelajaran di kelas III SD masih berupa tematik, yaitu memadukan lebih dari 1 mata pelajaran dalam pembelajarannya. Utuk itu, sebagai permintaan salah seorang dari akun pribadi saya, Waroeng pendidik akan membagikan contoh RPP kelas III tema Hasil Bumi. Semoga RPP ini menjadi reverensi yang baik untuk anda dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Rpp tematik ini memadukan 2 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika.
Untuk lebih jelasnya mari kita cermati RPP di bawah ini dengan seksama.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
  
Nama sekolah             : - 
Mata pelajaran            : Bahasa Indonesia, Matematika
Kelas/semester            : III / 1
Tema                           : Hasil Bumi
Sub Tema                    : Pemanfaatan hasil bumi
A.  Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
Matematika
2.  Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

B.   Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
Matematika
1.2. Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka

C.  Indikator
Bahasa Indonesia
·         Mendeskripsikan urutan cara membuat ramuan obat herbal secara runtut dengan bahasa yang mudah dipahami
Matematika
·      Melakukan operasi hitung pengurangan dua bilangan tiga angka tanpa teknik memberi
·      Melakukan operasi hitung pengurangan dua bilangan tiga angka dengan teknik memberi

D.  Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
  1. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan urutan cara membuat ramuan obat herbal secara runtut dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Matematika
  1. Melalui penjelasan guru siswa dapat melakukan operasi pengurangan dua bilangan tiga angka tanpa teknik memberi dengan benar
  2. Melalui penjelasan guru siswa dapat melakukan operasi pengurangan dua bilangan tiga angka menggunakan teknik memberi dengan benar

LIHAT JUGA INFORMASI 



A.  Materi Pokok
Bahasa Indonesia
  • Mendeskripsikan cara membuat sesuatu

 Matematika
  • Pengurangan Tanpa Teknik Memberi
  •  Pengurangan Dengan Teknik Memberi
  
B.  Pendekatan, Metode, Media dan Sumber Belajar
Pendekatan             : Tematik
Metode                   : Diskusi, Tanya Jawab, Matematika Realistik
Media                     : gambar,kartu bilangan
Sumber Belajar      : buku tematik sd kelas III, buku pake bse (matematika dan Bahasa indonesia

C.  Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan pendahuluan
·      Mengkondisikan peserta didik supaya duduk dengan rapi
·      Mengajak peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran
·      Mengabsen peserta didik
·      Melakukan kegiatan apersepsi
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
b.    Kegiatan Inti
·      Guru membacakan teks cerita yang bertema hasil bumi
·      Siswa menyimak cerita yang dibacakan guru
·      Siswa dan guru bertanya jawab mengenai cerita yang dibacakan
·      Siswa dibagi ke dalam 5 kelompok
·      Siswa berdiskusi mengenai cara membuat ramuan obat sakit kepala
·      Siswa melaporkan hasil diskusinya mengenai cara membuat ramuan obat sakit kepala
·      Siswa melaksanakan tugas guru untuk membuat urutan cara membuat makanan yang merupakan olahan hasil bumi
·      Perwakilan siswa membacakan hasilnya di depan kelas
·      Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru
·      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai konsep pengurangan melalui pengamatan gambar gambar
·      Guru nanamkan konsep pengurangan melalui permainan papper throwing
·      Siswa diberi tugas untuk melakukan operasi hitung pengurangan dua bilangan tiga angka
·      Guru bersama siswa membahas tugas pengurangan 2 bilangan tiga angka
c.    Kegiatan Penutup
·      Peserta didik diberi soal evaluasi
·      Peserta didik diberi tindak lanjut berupa PR
     Menutup pelajaran

A.  Evaluasi
1.      Hasil
Prosedur                      : tes proses dan tes akhir
Jenis Tes                      : tertulis dan lisan
Bentuk Tes                  : isian
Instrumen                    : terlampir

2.        Penilaian
Kriteria pengamatan proses belajar
No
Aspek yang diamati
Nilai
3
2
1
1
Fokus Kerja
Tidak melakukan kegiatan di luar tugas
Sedikit melakukan kegiatan di luar tugas
Banyak melakukan kegiatan di luar tugas
2
Tanya Jawab
Berpartisipasi baik
Berpartisipasi cukup baik
Tidak berpartisifasi
3
Kerja sama
Ikut serta membantu kelompoknya dalam mengerjakan tugas
Kadang-kadang membantu kelompoknya dalam mengerjakan tugas
Sama sekali tidak berkontribusi membantu kelompoknya dalam mengerjakan tugas
4.
Hasil Kerja
Semua kegiatan dikerjakan dengan baik
Sebagian besar kegiatan dikerjakan dengan baik
Sebagian kecil kegiatan dikerjakan dengan baik

Penilaian mendeskripsikan cara membuat ramuan obat sakit kepala
No.
Nama Peserta Didik


Kesesuaian Pada Cerita
Keruntutan kalimat
1.



2.



3.



Kriteria penilaian
No.
Aspek
3
2
1
1
Kesesuaian isi
Penjelasan runtut dari awal sampai akhir
Ada bagian isi yang tidak tertulis
Isi kurang sesuai
2
Penggunaan bahasa
Mudah dipahami
Sebagian besar mudah dipahami
Bahasa kurang dapat dipahami

Penskoran : Nilai siswa =
Skor ideal = 6


Penilaian matematika
Nama Peserta Didik
skor
nilai









Kriteria penilaian
No. Soal
Penilaian
3
2
1
1
Proses pengerjaan dan isinya benar
Salah satu yang benar
mengerjakan tetapi proses dan isinya kurang sesuai
2
Proses pengerjaan dan isinya benar
Salah satu yang benar
mengerjakan tetapi proses dan isinya kurang sesuai
3
Proses pengerjaan dan isinya benar
Salah satu yang benar
mengerjakan tetapi proses dan isinya kurang sesuai
4
Proses pengerjaan dan isinya benar
Salah satu yang benar
mengerjakan tetapi proses dan isinya kurang sesuai
5
Proses pengerjaan dan isinya benar
Salah satu yang benar
mengerjakan tetapi proses dan isinya kurang sesuai

0 komentar:

Post a Comment