Wednesday 11 January 2017

RPP dan Evaluasi Kelas 1 SD Subtema Perbedaan Antar Keluarga

Selamat datang di waroeng pendidik. Sahabat Pendidik, mungkin sebagian orang kesulitan dalam membuat perencanaan untuk kelas 1 SD apalagi jika memadukan pelajaran lebih dari dua. Untuk itu saya akan share RPP lengkap untuk Kelas 1 SD, mulai dari analisis materi pelajaran, pemetaan SK, KD, Indikator dan Tujuan Pembelajaran. Selain itu, anda juga akan mendapatkan lampiran yang berisi contoh lembar evaluasi yang relevan dengan rencana pembelajaran tersebut. 


Sahabat Pendidik, di sini saya akan sedikit memberikan gambaran isi dari file RPP Lengkap yang saya share. Pada RPP tersebut, saya memadukan 3 mata pelajaran yang terdiri dari PKn, Matematika dan Bahasa Indonesia. Kunci dari keterpaduan antar mata pelajaran tergantung dari strategi kita menyambungkan dari 1 mata pelajaran ke pelajaran lain sehingga tidak terlihat perpindahan pelajaran tesebut. Selain itu, pada lembar evaluasi jangan dipisahkan evaluasi mata pelajaran 1 dengan yang lainnya, sebagai reverensi anda dapat melihat lembar evaluasi yang telah saya buat. 

Contoh Analisis Mata/Materi Pelajaran

Khusus untuk pembelajaran di kelas rendah tepatnya kelas 1 Sekolah dasar, anda harus mengusahakan dalam setiap pembelajaran 1 tema, memiliki lagu yang berkaitan dengan tema tersebut. Saya juga menyelipkan sebuat lagu-laguan hasil kreasi sendiri..hehe. Lagu tersbut mengunakan irama ice breaking dalam pramuka yang kalau di tuliskan seperti ini (telor-telor, ulet-ulet, kepongpong kupu-kupu, kasian deh loee). Untuk lebih jelasnya silahkan download file RPP di bawah ini.



0 komentar:

Post a Comment