Thursday 10 September 2015

Asyiknya Pembelajaran di Kelas Rendah

Pembelajaran di Kelas RendahFase bermain sambil belajar adalah fase yang dimiliki oleh anak SD di kelas rendah. Sebagai seorang guru, tentunya sudah tahu akan karakteristik di kelas renda seperti apa. Namun masih banyak pula dari pembaca yang secara detail ingin lebih tahu. Karakteristik pembelajaran di kelas rendah lebih ditekankan pada pembelajaran yang berbasis permainan sambil belajar. Mau tidak mau, fase bermain sambil belajar ini harus diterapkan di kelas rendah Sekolah Dasar. Mengapa demikian? karena usia dari anak kelas rendah masih tertarik pada hal yang berbau permainan ketimbang pada hal-hal yang mengedepankan akademik. Berdasarkan pendapat tersebut, maka jika kita ingin menerapkan atau menanamkan suatu kecerdasan atau ilmu pengetahuan, maka kita harus masuk dulu ke dunia mereka yang didominasi oleh permainan. 


Pembelajaran yang dikolaborasikan dengan permainan menurut saya akan lebih berkesan dan lebih efektif apabila di terapkan di kelas rendah sekolah dasar. Anak akan lebih semangat dan antusias dalam melakukan kegiatan yang telah kita rencanakan. Selain itu, tujuan pembelajaran yang telah kita rancang akan tercapai. Hal tersebut akan sukses terlaksana apabila kita sebagai guru memiliki kemampuan dalam merencanakan pembelajaran yang berbasis permainan dan mampu melakukan improvisasi terhadap perencanaan yang sudah ada. Tetapi akan lebih berkesan apabila Perencanaan Pembelajaran dibuat oleh diri sendiri, sehingga langkah demi langkah akan lebih terkendali dan terkuasai ketimbang Perncanaan yang dibuat orang lain. Sebagai Referensi File RPP Tematik di kelas 2 Sekolah Dasar, anda dapat mendownloadnya di Sini



Berbagai karakter unik akan ditemukan di kelas renda. Oleh karena itu, untuk melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) membutuhkan Strategi Pembelajaran yang efektif untuk kelas rendah.  Selain strategi pembelajaran, media pembelajaran di kelas rendah juga harus kongkrit (nyata) dan dapat di amati oleh siswa. Bagi sebagian pendidik, mengajar di kelas rendah adalah hal yang sedikit rumit untuk di kondisikan. Sebenarnya, sangat mengasyikan bisa mengajar di kelas rendah menurut saya. Karena di sana kita dapat mempelajari bagaimana memahami karakteristik anak dan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita untuk mendidik anak sendiri. Selain itu, jangan sekali-kali kita sebagai pendidik menganggap rendah pengetahuan anak kelas rendah, karena bisa jadi mereka diantara mereka ada yang dinamakan "profesor cilik" yang akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan brilian yang akan menyulitkan anda untuk menjawabnya. Kemudian, keasyikan yang selanjutnya yaitu kita akan kembali ke masa muda kita ketika kanak-kanak. Dengan terbawanya kita ke dunia mereka (kanak-kanak) tentunya akan memberikan dampak refresh pada pikiran kita yang penuh dengan berbagai pemikiran akan masalah-masalah di luar sekolah. Tetapi jangan sampai kita terlarut di dalamnya sampai-sampai terbawa ketika kita ke luar dari kelas tersebut, tentunya itu akan sedikit merepotkan bagi kita ketika berinteraksi dengan teman sejawat kita. heheheh....

Saya rasa, keasyikan yang saya rasakan tidak akan lengkap apabila anda tidak merasakannya sendiri. Tapi mohon diingat juga, sebelum anda masuk ke kelas rendah, persiapkan diri anda dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) anda, karena apabila perencanaan kita tidak matang, maka anda sama saja merencanakan kegagalan. Mungkin ulasan saya mengenai asyiknya pembelajaran di kelas rendah hanya bisa sesingkat ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat menjadi referensi anda yang akan mencoba mengajar di kelas rendah atau bagi anda yang memang memiliki permasalahan mengajar di kelas rendah. 

Salam Dunia Pendidikan......... 

0 komentar:

Post a Comment