RPP SD Kelas I - Kali ini kami akan memposting Bahan ajar untuk kelas rendah. Tematik seolah-olah menjadi jati diri dalam pendidikan di kelas rendah, sehingga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bahan ajarnya pun harus tematik. Salah satu bagian dari bahan ajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Disini kami mengupload RPP Tematik Kelas I Sekolah Dasar yang memadukan 3 mata pelajaran diantaranya IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia.
Pada Postingan RPP ini, kami menyertakan Analisis Kompetensi yang dapat membatu semua guru dalam menganalisis kompetensi dasar yang akan di jadikan bahan ajar nantinya. Selain itu juga, kami menyisipkan Analisis Materi Pelajaran yang bertujuan untuk melindungi dari materi penting yang mungkin terlupkan untuk disampaikan kepada siswa. Untuk lebih jelas anda dapat membacanya pada data di bawah ini. Untuk download file RPP Tematik Kelas I Sekolah dasar dapat di Klik di sini
IPA
Mengidentifikasi cara merawat tubuh
Matematika
Mengidentifikasi nama benda-benda disekitar kelas
Bahasa
Indonesia
Mengenal pola huruf alfabet
Indikator
Capaian Kompetensi Prasyarat
|
Materi
Prasyarat
|
Learning
experience
|
IPA
Menceritakan cara merawat tubuh
Matematika
Membilang benda 1 sampai 20
Bahasa
indonesia
Mengidentifikasi huruf alfabet
|
IPA
Cara merawat tubuh:
1. Cuci tangan sebelum makan
2. Mandi 2-3 kali sehari
3. Menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur
4. Memotong kuku yang panjang
5. Memakai pakaian yang bersih
Matematika
Membilang 1 sampai 20
Bahasa
indonesia
Membaca huruf alfabet
|
IPA
Peserta didik menceritakan kegiatan cuci tangan sebelum
makan, mandi 2-3 kali sehari, menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur,
memotong kuku yang panjang, memakai pakaian yang bersih
Matematika
Peserta didik menyebutkan nama benda-benda
yang ada di sekitar kelas yang dibimbing oleh guru.
Bahasa
Indonesia
Peserta didik membaca huruf alfabet yang di
tulis oleh guru di papan tulis
|
ANALISIS
KOMPETENSI POKOK
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Capaian Kompetensi
|
Tujuan
pembelajaran
|
Learning
Experience
|
IPA
1. Mengenal anggota
tubuh dan
kegunaannya, serta
cara
perawatannya
|
1.2. Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
|
Makanan gizi seimbang
|
§ Menuliskan menu makanan gizi seimbang
|
·
Melalui
pengamatan gambar dan tanya jawab, siswa
dapat menjelaskan makanan gizi seimbang
·
Melalui tanya
jawab, siswa dapat menuliskan menu makanan gizi seimbang
|
·
Siswa mengamati gambar
makanan bergizi yang perlihatkan oleh guru
·
Siswa bertanya
jawab mengenai gambar yang diperlihatkan guru
·
Siswa menyebutkan
contoh makanan gizi seimbang
·
Siswa menjelaskan
makanan gizi seimbang
|
Matematika
1. Melakukan penjumlahan
dan pengurangan
bilangan sampai 20
|
1.3 Melakukan penjumlahan
dan pengurangan
bilangan
sampai 20
|
§ Penjumlahan sampai 20
|
§
Menjumlahkan
bilangan sampai 20
|
Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat menjumlahkan
bilangan 1 sampai 20 dengan benar
|
·
Siswa melakukan tepuk semangat
·
Siswa membilang jumlah benda yang di
perlihatkan oleh guru
·
Siswa menempelkan benda yang di perlihatkan
guru pada papan tulis
·
Siswa menghitung benda yang sudah di
tempelkannya
·
Siswa menjumlahkan benda yang menempel di
papan tulis
|
Bahasa Indonesia
4. Menulis permulaan
dengan menjiplak,
menebalkan, mencontoh,
melengkapi, dan
menyalin
|
B. Indonesia
4.3 Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana
dari
buku atau papan tulis dengan benar
|
Menulis kata sederhana
|
§ Menuliskan kata sederhana yang berhubungan
dengan makanan sehat
|
Melalui
penjelasan dan penugasan, siswa dapat menuliskan
kata sederhana yang berhubungan dengan makanan sehat
|
·
Siswa mengamati gambar makanan sehat yang
di tunjukan oleh guru
·
Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai
nama gambar yang telah di tunjukan guru
·
Siswa menyebutkan nama gambar makanan sehat
yang telah di amatinya,
·
Siswa menuliskan kata sederhana yang
berhubungan dengan makanan sehat
|
Untuk download lengkap RPP Klik di sini
0 komentar:
Post a Comment