Thursday 2 June 2016

Cara Mudah Membuat Kerajinan Unik dari Botol Plastik Bekas

Kerajinan dari Botol Plastik Bekas - Semangat pagi sahabat "Warpen" (Waroeng Pendidik)... hehe. Bagaimana pun keadaannya, mari kita bangun sugesti supaya tetap semangat seperti semangat di pagi hari. Semangat dari apa?? Ya.. tentunya dari aktivitas-aktivitas yang biasa atau baru kita jalani, dengan tetap bersemangat semoga hasil dari kegiatan kita itu mendapatkan hasil yang terbaik dan bermanfaat untuk semua makhluk... aminn.

Baiklah, Sahabat "Warpen" seringkali kita melihat baik di jalanan, di sekolah, maupun dilingkungan masyarakat selalu kita jumpai sampah plastik. Di Indonesia ini, memang masalah sampah plastik selalu menjadi sorotan. Ya... Mungkin karena kesadaran masyarakat Indonesia belum seluruhnya peduli akan kebersihan, untuk itu saya akan memberikan tutorial cara memanfaatkan kembali sampah plastik tepatnya botol plastik bekas dan sedotan. Sampah plastik ini akan saya buat menjadi mainan anak berbentuk helikopter. Handmade kerajinan dari botol plastik bekas ini saya sarankan untuk di praktekan di sekolah atau pada anak-anak dengan pengawasan orang dewasa. Tujuannya untuk mengembangkan kreativitas anak sejak dini. Diharapkan dengan adanya bentuk unik dari sampah plastik ini, siswa/ anak dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan kembali limbah plastik ini sehingga menjadi barang yang bernilai ekonomi atau sesuatu yang dapat menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

Untuk cara membuat mainan dari botol plastik bekas, tentunya kita harus menyediakan alat dan bahannya. Di sini saya memakai tambahan bahan yaitu bola pingpong dan sedotan. Sedotan yang dapat di bengkok-bengkok. Setelah semua alat dan bahan siap, kita cukup mengikuti langkah-langkah pembuatannya aja.. hehe. Baiklah untuk lebih jelasnya, mari ikuti ulasan saya mengenai cara membuat kerajinan unik dari botol minuman bekas.



Alat dan Bahan Membuat Kerajinan Limbah Plastik


  • Gunting/kater
  • Lem plastik Kuat
  • Botol plastik bekas yang masih ada tutupnya
  • 3 buah sedotan yang bisa di bengkokkan
  • Jarum pentul
Cara Membuat Mainan Unik dari Botol Plastik Bekas

  • Lubangi tutup botol minuman bekas tersebut. Saya menggunakan gunting. Lubang pada tutup botol tersebut nantinya akan jadi ekor helikopter yang di padukan dengan sedotan bekas. Setelah itu, pasangkan kembali pada botol bekas tersebut. (Lihat Pada Gambar)

  • Potong botol plastik bekas dengan ukuran helikopter yang ingin dibuat. Potongan ini akan dijadikan badan helikopter. Untuk anak-anak, berhati-hatilah ketika menggunakan benda tajam, Proses pemotongan dilakukan dengan pengawasan orang dewasa.
  • Gunakanlah potongan yang bersatu dengan tutup botolnya. (untuk badan helikopter)
  • Buatlah dudukan helikopter dari sisa potongan badan helikopter tadi berbentuk setengah lingkaran ( lihat pada gambar)
  • Potong ketiga sedotan. Pada bagian yang bisa dibengkokkan akan dijadikan tempat berdiri dan ekor helikopter. Untuk bagian yang lainnya dijadikan baling-baling atas.

  • Pasangkan sedotan untuk ekor helikopter dengan tutup botol, rekatkan sedotan yang menjadi baling-baling dengan menggunakan jarum pentul. Kemudian, rekatkan dudukan yang berbentuk setengah lingkaran dengan sedotan kemudian lem menggunakan lem plastik kuat.

  • Rekatkan dudukan pada badan Heli, pasangkan tutup botol pada botolnya dan pasangkan juga baling-baling pada badan Heli dengan bantuan jarum pentul. Terakhir pasangkan bola pingpong untuk melengkapi keindahan di bagian depan.

  • Silahkan hias helikopter buatanmu berdasarkan kreasimu sendiri..
  • Sekarang mainan helikopter dari botol plastik bekas sudah jadi...yeeee

Saran Artikel :




Wihhhh... Ternyata mudah sekali ya cara membuatnya. Untuk anda yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar, saya rasa tutorial ini bisa anda praktekkan di kelas. Karena cukup sederhana dan gampang cara pengerjaannya..

0 komentar:

Post a Comment