Tuesday 7 June 2016

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Bagaimana Jika Ibu Hamil Berpuasa?? - Sebagai seorang wanita tentunya ada beberapa halangan yang membuat mereka ini ragu atau enggan berpuasa, salah satu alasannya yaitu karena sedang mengandung. Bayi memerlukan asupan nutrisi yang baik dan bergizi, jadi si ibu hamil harus makan secara teratur dan di tambah porsinya. Alasan seperti itu lah yang sering di utarakan ibu hamil ketika bulan ramadhan tiba. Ada juga ibu hamil yang ingin tetap berpuasa tapi bingung dan khawatir anak dalam kandungannya terganggu dengan melaksanakan puasa ramadhan. Jadi apa yang sebaiknya ibu hamil lakukan, sementara ingin melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ini?

Salah satu dokter spesialis  kandungan dan kebidanan Siloam Hospitals Lippo Cikarang, yang bernama dr Atik Purwitaningrum SpOG, mengatakan bahwa semua umat muslim diwajibkan berpuasa kecuali bagi ibu hamil dan menyusui tidak diwajibkan, tetapi dapat menggantinya dengan membayar fidyah. Akan tetapi bagi ibu hamil yang tetap ingin berpuasa harus memahami bahwa berpuasa bisa dibilang memindahkan jam makan tanpa harus mengurangi porsi/asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi, sebelumnya harus dipastikan sehat antara kondisi ibu hamil dan janinnya dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.


Saran Artikel Lainnya : Cara sehat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

                          Nasihat Rasulullah Kepada Sahabatnya

Bagi anda ibu hamil, boleh-boleh saja berpuasa di bulan ramadhan, asal kondisi ibu hamil dan janin dalam keadaan sehat. Prinsip untuk melaksanakan puasa, kebutuhan asupan nutrisi ibu hamil adalah 2.200 - 2.300 kalori per hari. Asalkan kebutuhan nutrisi pada tubuh ibu hamil terpenuhi, tidak ada kendala dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan.

Untuk ibu hamil yang menjalankan puasa, sebaiknya memastikan ibu minum susu atau es krim dan minuman lain yang cukup supaya tidak terjadi dehidrasi. Konsumsi gizi dan kalori setika berpuasa dan tidak berpuasa harus dibuat sama yaitu gizi seimbang dengan komposisi 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10 - 20 persen lemak. Sebagai saran, ibu hamil harus memperhatikan konsumsi makanan saat sahur, berbuka puasa, dan waktu antara berbuka dan sahur.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Kerajinan Dari Botol Plastik Bekas

             Strategi Pembelajaran Rangkap Di Pelosok Negeri

Menurut dr Atik, berpuasa tidak menjadi keharusan bagi ibu hamil. Paparnya lagi, puasa ibu hamil harus dihentikan apabila ibu yang kehamilannya bermasalah seperti mempunyai tekanan darah tinggi, kencing manis dan gangguan pencernaan. 

Beberapa Artikel dan berita lainnya yang penting ada di sini : Artikel Lain >>>

0 komentar:

Post a Comment