Monday 6 June 2016

Cara Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tips Sehat Berpuasa dibulan Ramadhan - Saat yang dinanti-nanti umat islam di dunia yaitu Bulan Ramadhan. Bulan penuh dengan pengampunan dan berkah dari Allah SWT. Siapapun yang menjalankannya karena Allah, niscaya allah akan membalasnya beribu-ribu kenikmatan yang berlimpah. Adapun kegiatan yang harus dan wajib dilakukan pada bulan ramadhan seperti yang tertera dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183 yang maknanya, bahwa setiap manusia dimajibkan berpuasa pada bulan ramadhan sebagaimana diwajibkan pada umat terdahulu. 

Dalam melaksanakan ibadah puasa, setiap manusia harus menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar sampai terbenam'a matahari. Namun bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja, melainkan kita harus menahan nafsu amarah, dan hal lainnya yang telah di contohkan Rasulullah. Berpuasa tak bisa dijadikan alasan membuat tubuh kita lemas dan lesu karena menahan lapar dan dahaga. Oleh karena itu kita harus mempunyai strategi dan cara dalam menjalankan ibadah puasa. Berdasarkan fakta lapangan tersebut, maka Waroeng Pendidik akan memberikan ulasan mengenai Cara Sehat Berpuasa dibulan Ramadhan. 


Ketika berpuasa, pada umumnya kadar asam lambung juga akan meningkat, tetapi tidak berarti selamanya meningkat, ketika berbuka kadar asam lambung tersebut akan turun. Keadaan seperti itu akan menjadi masalah bagi orang yang memiliki penyakit maag. Lalu bagaimana cara berpuasa tetapi kesehatan kita tidak terganggu dengan melaksanakan ibadah puasa ramadhan ini?? Nahh... untuk mengetahuinya mari kita baca dan pahami ulasan di bawah ini.

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

1. Makanlah makanan dengan porsi standar. Rasa lapar dan dahaga ketika berpuasa biasanya lebih menggebu sehingga ketika waktu berbuka kita makan dan minum melebihi kapasitas tubuh kita. Sebaiknya jangan sekaligus segala macam makanan dan minuman di masukkan ke dalam perut, makan dan minumlah secukupnya karena Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan tetapi tetaplah pada porsi dan aturannya. Konsumsilah jenis makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat kompleks serta lengkapi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain itu, konsumsi juga makanan yang kaya akan kadar airnya, karena hal ini bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga tubuh agar tetap hidrasi ketika berpuasa.

2. Pada Saat Sahur, makanlah makanan yang mengandung serat dan protein. Perlu diingatkan kembali bahwa dalam berpuasa ramadha, waktu sahur sangatlah penting bagi orang yang menjalankan ibadah sahur. Mengapa?? Karena waktu sahur adalah waktu bagi kita untuk mengkonsumsi makanan sebagai bekal berpuasa nantinya. Dalam bersantap sahur, bukan berarti kita harus makan banyak saja untuk bekal berpuasa, tetapi lebih baik apabila makanan yang dikonsumsi pada saat sahur yaitu makanan yang mengandung serat dan protein, hal ini lebih baik dari pada asal makan aja..hehe

3. Rutin menkonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat. Selain ketika santap sahur, pengkonsumsian serat dan protein juga lebih baik diperbanyak ketika menjalankan ibadah puasa ini. Adapun contoh makan yang disarankan yaitu telur, keju, yoghurt, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan makanan lainnya yang mengandung protein/serat.




             Pilih Loker Mengajar Sekarang



4. Makanlah secara bertahap. Kebanyakan orang yang berpuasa terutama orang yang awam terhadap kesehatan, Ketika waktu magrib tiba, orang tersebut langsung memakan kolak atau manisan kemudian langsung makan nasi sepenuhnya perut. hehe. Pola makan seperti itu kurang baik, alangkah baiknya awali berbuka anda dengan makan yang manis seperti kolak atau manisan, setelah itu ambilah air wudhu dan laksanakanlah shalat magrib. Waktu yang digunakan ketika shalat merupakan digunakan juga sebagai waktu penyesuaian perut yang tadinya kosong serang di isi lagi. Selesai shalat magrib baru lanjutkan dengan makanan berat secukupnya seperti Nasi dan yang lainnya. Jika belum puas dengan nasi, maka setelah shalat tarawih sahabat bisa makan makanan kecil atau cemilan sehat. 




5. Kurangi makanan yang digoreng. Menjalankan puasa yang sehat tentunya ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan atau dikurangi pengkonsumsiannya demi kesehatan tubuh terutama ketika berbuka, makanan tersebut yaitu makanan yang digoreng, terlalu manis dan terlalu pedas. Semua jenis makanan tersebut sangat sulit dicerna oleh tubuh dan dapat mengakibatkan masalah bagi kesehatan tubuh kita. Baiknya konsumsi makanan pengganti seperti makanan yang di panggang atau di rebus.

6. Cukupi cairan tubuh. Pada keadaan normal, tubuh kita dianjurkan menkonsumsi air minum 8 gelas perharinya, tujuannya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh perharinya. Nah... sama halnya ketika berpuasa, tetap pengkonsumsian air 8 gelas perhari harus terpenuhi. pengkonsumsian bisa dilakukan ketika sahur, berbuka dan setelah berbuka.

Nahhh.. itulah tips dan ulasan kami mengenai cara tetap sehat menjalankan puasa. Untuk anda yang sering mengalami masalah pencernaan ketika berpuasa, tips ini dapat dipraktekan loh.. Insya Allah bermanfaat akan menjadikan tubuh sehat dan puasa pun lancar.. Aminn..

0 komentar:

Post a Comment